MENU MAKAN MALAM


IJAH RAHAYU / 70100109042 / GIZI KESMAS B1
Tugas
Buat 1 set contoh menu makan malam dan buat komentar dari menu tersebut
Untuk membuat menu makan malam untuk kalangan mahasiswa tidak perlu mencari makanan yang sulit dijangkau oleh kalangan mahasiswa
Contoh menu makan malam mahasiswa :
menu
bahan makanan
ukuran
nasi putih
nasi
porsi sedang
Sayur campur 
campuran sayur ( wartel, buncis, daun bayam)
1 mangkok
Tempe
tempe
2 ptg
 Perkedel jagung
jagung
1 ptng

Terigu


minyak


daun bawang


Sesuai dengan menu yang ada diatas kita dapat menganalisis bahwa nasi merupakan jenis padi padian yang merupakan sumber karbohidart yang kompleks yang dapat memberikan energi yang cukup untuk beraktivitas, dalam hal ini porsi yang disediakan hanya dalam bentuk sedang mengingat aktivitas yang dilakukan pada malam hari lebih ringan dibandingkan dengan aktivitas pada siang hari. Mengingat dalam hal ini kita menggunakan jenis padi padian sebagai lauk karena jenis padi padian ini mengandung kadar protein yang tinggi yaitu 7-11% dari pada umbi umbian.
Sumber vitamin yang disediakan dalam menu ini berasal dari kombinasi berbagai sayur seperti wartel, buncis serta daun bayam. Kita mengetahui bahwa sayuran merupakan sumber vitamin A, C, asam folat, mg, K, dan serat serta tidak mengandung lemak dan kolesterol. Sayuran yang berwarna hijau dan sayuran berwarna orange seperti wortel mengandung lebih banyak provitamin A berupa beta karoten daripada sayuran yang tidak berwarna. Sayuran berwarna hijau itu kaya akan Ca, Fe, asam folat dan vitamin C seperti daun bayam ini. Semakin hijau warna daun sayur, semakin kaya akan zat zat gizi. Sayuran yang tidak berwarna seperti labu siam, ketimun, nangka dsb. Tidak banyak mengandung zat gizi. Memakannya hanya untuk kenikamtan saja. Sayur kacang kacangan seperti buncis dan kacang panjang kaya akan vitamin B.
Tempe merupakan salah satu bentuk dari kacang-kacangan. Kacang kacanagn dalam bentuk kering atau hasil olahannya, walaupun mengandung protein dengan nilai biologi sedikit lebih rendah daripada lauk hewani karena mengandung lebih sedikit asam amino esensial metionin, merupakan sumber protein yang baik. Kita perlu mengetahui bahwa kacang-kacangan kaya akan vitamin B, Ca, Fosfor, Fe, Mn, Zn. Cu, dan K terutama bila di perhitungkan bahwa harganya lebih murah. Kandungan serat yang tinggi terdapat pada kacang kacangan dihubungkan dengan pencegahan penyakit penyakit  jantung koroner, divertikular, apendisitis, DM, kanker usus besar dan batu empedu ( Burkitt dan Trowell, 1975). Disamping itu penurunan kadar kolesterol karena terdapat saponin, susunan asam amin, jenis karbohidrat dan sterol tumbuh tumbuhan pada kacang kacangan.
Kacang kacangan yang diolah misalnya menjadi tempe tidak hanya dapat memberikan cita rasa tetapi juga dapat meningkatkan pencernaan dan ketersediaan zat zat gizi bagi tubuh, hal ini disebabkan karena suhu panas dalam kacang kacangan dapat mengurangi bahan bahan toksik, seperti zat penghambat tripsin, sehingga meningkatkan daya cerna protein. Proses fermentasi pada pembuatan tempe memberi banyak keuntungan. Protein lebih mudah dicerna dan diserap, karena sebagain protein terurai menjadi asam asam amino. Kadar tiamin, riboflavin, niasin , vitamin B6 dan asam pantotenat meningkat serta terbentuk vitamin B12 oleh bakteri bakteri yang terbawa oleh lingkungan dalam proses fermentasi. Asam fitat, penghambat absorpsi kalsium dan zat besi yang ada dalam kacang kacangan dirusak oleh proses fermentasi sehingga mineral mineral ini dapat diserap. Keuntungan lain tempe adalah mengandung antioksidan serta dapat mencengah /menyembuhkan diare.
Jagung dalam hal ini di masukkan dalam sumber dari lemak nabati. Lemak dari jagung ini tersimpan dalam biji bijian. Minyak bijian juga merupakan sumber fosfolipida, karotenoid, tokoferol dan sterol tumbuh tumbuhan. Salah satu fungsi dari lemak ini, selain sebagai sumber energi, lemak juga berfungsi untuk mengehemat protein serta memelihara suhu tubuh.
Sebelum makan makanan utama, sebaiknya mengkonsumsi buah telebih dahulu namun tidak semua buah yang dapat dikonsumsi seperti buah yang panas seperti durian, alpukat dsb. Sebaiknya mengkonsumsi buah yang banyak mengandung serat atau air atau yang bersifat basa seperti apel, pepaya dsb. Hal ini untuk membantu proses pencernaan serta sebelum makan hendaklah meminum air putih terlebih dahulu agar kita tidak makan yang berlebihan karena hal tersebut tidak disukai Allah sesuai dengan firmannya dalam surah Al-A’raf : 31 tentang makan yang berlebih lebihan.
Jika kita melihat menu yang ada, sebenarnya menu yang ada tergantung dari kondisi seseorang kalau memang tubuhnya itu sudah kelebihan lemak otomatis sumber lemak pada makanan seharusnya diminimalisir dan jika seseorang punya penyakit DM, tentunya karbohidrat juga di minimalisir atau kalau perlu mencari makanan pengganti. Jadi, yang perlu di perhatikan di sini adalah gizi seimbang pada setiap individu.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar